oBjeK Wisata bandung

Tangkuban Parahu

tkban-prhu.jpgAlam yang indah dan masih belum tersentuh oleh pembangunan, banyak pengunjung yang tertarik dengan pesonanya, terletak di Sindangbarang 125 km dari Cianjur dan 220 km dari Jakarta.

Gunung Puntang

puntang.jpgWahana Wisata Gunung Puntang merupakan objek wisata sejarah yang berada di Komplek Gunung Malabar, pada ketinggian 1300 m di atas permukaan laut dengan suhu antara 18′ – 23′ C. Berdasarkan cerita rakyat pasundan yang berkembang di masyarakat, di sini dulunya terdapat suatu kerajaan yang disebut Nagara Puntang. Dibeberapa tempat ditemukan batu-batu yang diduga ada kaitannya dengan peninggalan sejarah Gunung Puntang yaitu : batu Korsi, Batu Kaca-kaca dan Batu Kampaan. Pada zaman pemenintahan Hindia Belanda di daerah in pernah didirikan Stasiun Pemancar Radio Malabar. Sampal saat in puing-puing bekas peninggalannya masih dapat ditemui, sebagai saksi sejarah.

Kawah Putih

0610kawahputihciwidey.jpgDi kawasan Bandung Selatan, berjarak 46 km dari Bandung terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha – orang tua terdahulu menyebutnya gunung sepuh – dengan ketinggian 2.434 m dpl. Gunung tersebut memiliki 2 buah kawah, yaitu : Kawah Saat d puncak bagian barat, dan Kawah Putih yang berada dibawahnya pada ketinggian 2.194 m dpl. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang konon masing-masing terjadi pada abad X dan abad XII. Keberadaan Kawah Saat maupun Kawah Putih, semula tidak banyak diketahui orang karena puncak Gunung Patuha oleh masyarakat setempat dianggap angker, sehingga tak seorangpun yang berani menjamahnya. Misteri Kawah Putih dengan segala keindahannya baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang Belanda bernama Peter Junghuhn. Namun demikian, keindahan Kawah Putih tetap tersembunyi – tidak di kenal dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas – sampai PT. Perhutani mengembangkannya menjadi obyek wisata alam.

Hutan Juanda

hutan-juanda.jpgBerjalan terus dari Dago Tea House mengikuti jalan dago, ke sebelah utara taman Juanda, diatas bukit di sebelah utara Bandung. Sebuah kawasan yang menyegarkan dengan luas daerah 50 hektar lebih dari 200 jenis pepohonan dari 40 kelurga dan 108 jenis. Anda dapat berjalan – jalan mengelilingi taman, mengunjungi pertahanan bawah tanah yang dibuat oleh Belanda dan Jepang, atau mendaki hingga ke atas sejauh Dago ke Maribaya. Pada hari minggu masyarakat berlibur ke taman ini sehingga lebih ramai. Petunjuk : dengan angkutan umum naik ke terminal dago dan kemudian naik mini bus ke Taman juanda. Jika membawa kendaran sendiri naik dari Jl. Juanda menuju termina Dago (3 km dari persimpangan Jl. Siliwangi) dan ambil jalan ke dua ke arah kiri melewati terminal, setelah anda memasuki pintu masuk Taman Juanda. Sebuah pintiu yang kokoh anda membayar 2.500 untuk parkir kendaraan, tetapi ini adalah pilihan lain

Area Perkemahan Cikole

cikole1.jpgBumi perkemahan seluas 4,88 hektar ini terletak pada ketinggian 1300 m diatas permukaan laut, dan tidak jauh dari gerbang Tangkuban Perahu daerah Lembang-Subang. Memiliki fasilitas taman bunga, lapangan, taman area parker, dll

 

Situ Patenggang

patenggang_0207.jpgObjek wisata alam yang terletak di dataran tinggi Bandung Selatan pada ketinggian kurang lebih 1.600 meter di bawah permukaan laut.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di antaranya menikmati keindahan dan kesejukan alam pegunungan, berperahu motor atau bersepeda air mengelilingi telaga (situ), memancing, mengamati flora dan fauna, lintas alam. Selain kegiatan tersebut pengunjung dapat juga berjalan-jalan sambil mengamati satwa surili di tajuk-tajuk pohon, menikmati kesejukan dan keindahan kebun the yang terletak berdampingan.

Maribaya

as.jpgAir terjun, tempat rekreasi dan jurang yang indah sekali membuat maribaya menjadi tempat peristirahatan yang sangat terkenal , hanya beberapa menit dari timur Lembang, pada hari minggu khususnya tempat ini ramai. Minibus dan kereta kuda bulak – balik dari lembang. Maribaya menarik bagi banyak penduduk Bandung karena pada hari minggu sumber air panas di alirkan ke kolam kecil untuk umum dan ke berbagai kamar, mandi pribadi. Beberapa orang datang kesini untuk mengajak anak – anak bermain di lapangan dan menunggang kuda (3 dollar / jam), dan banyak hanya berpiknik di taman.

Perjalanan bagus dan mudah melewati jurang Cikapundung ke taman Juanda, kira – kira satu setengah jam. Jalan kecil pertama ke air terjun (jalannya kurang baik, dan tidak mungkin untuk berenang) dan kemudian menuju jurang tidak jauh dari cabang jalan kecil, disebelah kiri jalan lkeluar dari lembah, menurun dan bercabang lagi tepat disitu belok kiri dan akan membawa anda ke pemandangan yang sangat mengesankan sedikit lebih tinggi dari Maribaya, jalan kecil ke arah kanan menuju Dago, berjalan lebih jauh melewati jaln kecil anda akan sampai di taman Juanda, melewati tempat pertahanan jepang pada perang dunia ke II di sepanjang jalan. Jalan yang lain kembali ke Bandung mulai dari tempat parkir curug Omas kira – kira 5 km meter dari persimpangan Lembang, sebelum mencapai maribaya. Jalan ini memberikan pemandangan yang jauh lebih baik daripada jalan kerta api yang kecil, jalan ini juga menuju taman Juanda atau kira – kira 45 menit lebih lama ke daerah Cimbuleuit. Jalan terus ke arah timur adalah persimpangan Lembang menelusuri pepohonan yang rimbun di sepanjang kjalan, kira – kira 4 km dari Lembang. Perjalanan dimulai dari jurang Cikapundung ke lembah, jika anda pergi dengan menggunakan kereta kuda anda harus berjalan menuruni bukit, tempat parkir Maribaya 5,5 km dari persimpangan Lembang.

Kebun Teh Pangalengan

pangalengan-tea-plantation.jpgPilihan lain dari dua jam perjalanan dengan mengunakan kendaraan melewati Dayeuh kolot menuju sebuah pasar yang kecil di Pangalengan, di sebelah tenggara Bandung, kota pangalengan sendiri dibatasi tetapi mengelilingi daerah yang sangat menyenangkan. Daerah tujuan keluar dari pangalengan termasuk dua danau, sebuah peristirahatan sumber air panas, kawah gunung wayang di dekatnya, dan sebuah perkebunan the yang sangat besar.

Kondisi jalan yang menakutkan yang selanjutnya jalan bercabang sebelum Santosa sebuah daerah kecil pabrik pembuatan teh, dan gunung Papandayan, menuju Cisewu dan ke selatan pesisir pantai. Jalan lain menghubungkan menuju lembah Ciwidey, santosa adalah kawasan yang menyenangkan, menawarkan untuk bermalam di perkebunan the, tinggal untuk bersantai dari kehidupan kota yang sibuk, perkebunan teh dikelola oleh perusahaan perkebunan PTP XIII di sebelah selatan Kota pangalengan.

 

 

~ oleh idz pada Agustus 27, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: